Lampung Banana Foster, Oleh-oleh kekinian ala Hengky Kurniawan


Ketika berpergian keluar kota, saya seringkali di mintai oleh-oleh oleh sahabat atau orang terdekat. Tentu tidak jadi masalah, karena Lampung adalah provinsi yang menghasilkan bermacam komoditas, seperti kopi, lada, sayur-mayur dan lain-lain.

Selain itu Lampung juga dikenal sebagai penghasil Pisang terbaik di Indonesia juga tentu menjadikan Pisang sebagai ikon oleh-oleh khas Lampung. 
 
Artis ibukota, Hengky Kurniawan yang juga sangat menyukai pisang terinspirasi untuk membuka usaha kuliner oleh-oleh kekinian dengan berbahan dasar buah Pisang di Lampung.

Bersama tenaga Chef professional dan diskusi dengan teman-teman di Jakarta, lalu terciptalah Lampung Banana Foster, cake yang berbahan dasar Pisang di olah dengan gula merah dengan berbagai macam topping.

Terobosan Hengky Kurniawan dengan resep olahan buah Pisang yang unik ini menjadi angin segar tersendiri, sebab tentu akan memperkaya nilai dari pisang itu sendiri.

Karena meski selama ini, kita mengenal banyak olahan buah Pisang seperti, molen, piscok, kripik pisang, pie pisang. Kita tetap harus memiliki ide sebagai pembaharu demi eksistensi pisang itu sendiri.

Sebenarnya, Hengky mendapatkan resep ketika melakukan perjalanan wisata di New Orleans, negara bagian Lousiana, Amerika. Namun, disana Banana Foster disajikan bersama dengan Vanilla Ice Cream.

Saya, bersama teman-teman Tapis Blogger dan pengelola akun kuliner di Lampung diundang Meet and Greet Lampung Banana Foster di Hotel Batiqa, Pahoman Bandar Lampung. 
Pict : Yopie Pangkey




Selain berdiskusi panjang mengenai Lampung Banana Foster dengan Hengky Kurniawan, kami berkesempatan mencicipi berbagai variant Lampung Banana Foster. Yang tentunya sungguh bikin susah Move On hehe.


Pertama, mata saya tertuju pada potongan Lampung Banana Foster dengan topping keju diatasnya. Yang ketika dipotong, akan terlihat filling cheese didalamnya.
Banana Foster Cheese, namanya.

Rasanya? Bukaaan Lagiii, (kalau kata orang Lampung, hehe) pokoknya sepotong bikin nagih. Meskipun berkaitan dengan selera, karena nggak semua orang doyan keju.

Saya rasa yang nyicip nggak akan nyesel. Karena lembutnya adonan dengan rasa pisang yang kuat, langsung mix dengan lumer asin gurih dan legit dari kejunya. 



Kedua, saya perkenalkan Banana Foster yang menurut saya masuk kategori #haruscoba hehe.
Yay, Banana Foster Nutella. Banana Foster Nutella adalah yang paling cocok dengan selera saya. 
Yang sangat perlu diingat adalah semua varian Banana Foster itu nggak kemanisan. Jadi kalau kamu adalah penyuka  makanan yang manis banget, Banana Foster ini bisa jadi kudapan bareng Teh Manis dan si Teteh yang manis hehe.

Tapi kalau punya selera seperti saya yang suka makanan nggak terlalu manis, cocok banget pilih Banana Foster karena sumber manisnya hanya berasal buah pisang yang memiliki rasa manis ditambah dengan gula aren. As we know, gula aren punya karakter manis yang beda. Kalau penasaran. Cus geh dicoba hehe.


Next, Banana Foster Peanut.
Banana Foster yang satu ini, punya filling peanut butter dengan tambahan vanilla crumble. Dimana, rasa dari peanut ini nggak terlalu mendominasi jika dibantingkan varian rasa lainnya seperti Nutella atau Coklat.

Justru, di varian yang satu ini kita bisa mengenali rempah yang jadi komposisi Banana Foster. Aroma Kayu Manis dan bahkan cengkeh begitu terasa. Pokoknya seger, beerr..

Dan yang keempat kami mencicipi Banana Foster Chocolate.
Banyak olahan makanan yang di mix dengan coklat dan selalu punya banyak fans. Bahkan bertemunya Pisang dengan Coklat pun bukan hal baru dalam dunia kuliner.
Tapi lagi-lagi tanpa bosan saya merekomendasikan Banana Foster Chocolate untuk dijadikan oleh-oleh dan dinikmati bersama orang tersayang.
Karena selain enakk dan lumer karena filling coklat nya yang kental, Coklat adalah anti depresan alami karena memiliki kandungan serotonin.
Dengan Banana Foster Chocolate, suasana semakin cair, intim dan dekat bersama keluarga, dan sahabat.

Terakhir Banana Foster Caramelized,
saya boleh katakan Banana Foster Caramelized adalah varian rasa yang paling pisang. Paduan filling Caramel dan pisang yang lembut lalu toping pisang serta caramel diatasnya. Hmm yummmy...

Saya sendiri dibuat terkesan dengan topingnya. Pisang yang sudah menyatu dengan Caramel lalu di panggang membuat pisang menjadi sedikit liat sehingga menimbulkan cita rasa seperti sale. Tau sale kan? Olahan pisang dimana pisang terlebih dahulu diiris tipis sedemikian rupa lalu di jemur dan kemudian digoreng bersama tepung beras.
Dan penampilannya yang eyecatching juga menjadikan Banana Foster Caramelized ini Lampung bangeeeet. Sukaa!


Sayang bangeeet, kemarin kelupaan fotoin box packing Lampung Banana Foster. Cuma sempet potret sisi kanan dan kiri, karena amat sangat menarik. Pesannya bagus, dan dipack dengan box kardus bahan kertas.

Bukan mika apalagi styrofoam, ramah lingkungan. Alhamdulillah. Soalnya, saya pribadi suka risih dengan pack yang aneh-aneh, aneh disini maksudnya yang terkesan nggak ramah lingkungan dan terkesan konsumtif ya.
Packing Banana Foster ini, sudah elegan dan ramah lingkungan. Makin suka!





Oh iyaa...

Kamu tak perlu khawatir soal harga. Hanya perlu menyisihkan uang Rp. 50.000,- sudah bisa mencicipi kue kekinian ini. Eitssss tunggu dulu, Outletnya belum buka hehe.

Kita hanya perlu bersabar beberapa hari karena Office Banana Foster akan Opening pada 9 Juni 2017 di Jln. Wolter Monginsidi No. 115 Bandar Lampung (seberang hotel Grand Praba, deret Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung)
Dang lupa, untuk follow akun instagram @Bananafosterlampung, facebook Banana Foster Lampung, twitter @bananafosterlampung atau kunjungi www.bananafosterlampung.com untuk update berita seputar Lampung Banana Foster.
Pict : Yopie Pangkey

Pict : Yopie Pangkey

ditutup dengan selfie! yuhuuuu


Comments

  1. Mantab! Ulasannya lengkap, mendalam dan lugas. Sukses selalu mbak Novi. 👍

    ReplyDelete
  2. Banana Foster saat ini sudah menjadi salah satu cake terkenal di Lampung

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog