Pekerjaan yang cocok untuk Mahasiswa


Mahasiswa, adalah kalangan yang pengen tau gimana caranya dapet uang jajan lebih diluar jatah dari orang tua. Gimana? Kerja?

Di zaman yang seperti ini, cari kerja nggak semudah daftar sekolah kan hehe. Apalagi mahasiswa itu hanya berbekal ijazah SMA.

Kerja apa? Mau kerja sebagai pelayan resto misalnya, its ok kamu diterima. Tapi masalahnya kamu terima nggak dengan jam kerja di resto?
Kalau kata iklan sih “hidup nggak seindah drama Korea” dimana kalau yang suka nonton drama pasti tau biasanya mahasiswa di Korea sering mengerjakan perkerjaan paruh waktu.

Dan sepertinya lapangan kerja para pencari kerja paruh waktu itu mudah banget. Hei kamu juga bisa loh?

Beberapa masih banyak galau karena uang kiriman selalu telat, yang sebenarnya nggak telat banget. Dasar karena hidupnya terlalu glamour di awal bulan hehe.

So langsung aja, aku mau kasih beberapa gambaran hal apa yang perlu kamu lakuin agar bisa nambah uang jajan kamu.

1.      Mengajar Les Privat
Sebenarnya ini bukan hal baru ya di kalangan Mahasiswa. Bahkan bukan hanya yangn dari Fakultas Keguruan aja nih yang punya aktivitas mengajar beginian, mahasiswa dari fakultas lain juga terkadang ikutan ngajar privat untuk dapet uang jajan. Hehe

Walau bukan hal baru, tapi banyak yang nggak tau. Gimana caranya dapetin murid untuk diajar privat. Sekarang, udah banyak lembaga bimbingan belajar, les privat dimana-mana. Mereka biasanya menyalurkan pengajar kepada orangtua di murid. Tentunya, ‘harga’ kita di mark up sedemikian sehingga menguntungkan bagi si pengajar maupun lembaga.

Selanjutnya, ada juga yang mengajar dari jaringan yang ia punya. Jaringan? Iya. Dari kenalan, maksudnya. Loh, kita kan mahasiswa orang pendatang, gimana biar bisa punya kenalan. Gampang! Kenalin diri kamu.

Cobalah mendesign sederhana di software seperti Corel Draw atau Photoshop, perkenalkan diri kamu, yakinkan kamu bisa jadi pengajar bagi anak dari orangtua sekitar tempat tinggalmu. Bisa didesign sedemikian rupa, trus sebar deh dari rumah ke rumah.
 
source : Google
Jangan gengsi ah, santai aja. Tentu ada banyak orang yang menghargai kerja keras kamu. Jangan lupa kamu untuk terus belajar ya, jadikan diri  kamu seprofesional mungkin. Jadi nggak akan ngecewain klien yang udah memoerkerjakan kamu. Tsahh klien hehe


2.      Berbisnis
Empat sampai lima tahun terakhir, online shop itu happening banget. Bahkan makin kesini banyak layanan Online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia yang mudahin kita untuk bertransaksi.
Dan kalangan mahasiswa adalah kalangan terhot yang jadi sasaran ‘era’ ini.

As we know, mahasiswa yang rentang usia 18-24 tahun adalah pengguna internet terbesar, tentu menyerap informasi lebih mudah dong. Terbukti, banyak banget mahasiswa-mahasiswi jadi pedagang Online Shop dengan memanfaatkan internet digenggaman mereka. dan menariknya, konsumen terbesar juga adalah kalangan mahasiswa sendiri. Timbul lagi pertanyaan, dagang apa? Itu sih pilihan ya, nyaman jualan apa. 

Berdasarkan pengamatan secara pribadi, teman yang modis dan berbelanja pakaian, memilih bisnis retail, lalu teman yang suka Online, memilih berbisnis Pulsa dan Paket Data. Yang suka makan, jualan makanan hehe. 
 
Bisnis Aku hehe
Ide nggak akan ada habisnya kalau kita mau mengamati dan peka terhadap sekitar. Ayo buat hidup lebih mudah, bagi kita juga bagi orang sekitar, biar enggak susah mau berbelanja harus ke pasar kan?

3.      Penyiar Radio
Coba cari tau tentang radio lokal di kota mu. Secara berkala, mereka pasti open recruitmen untuk mencari penyiar baru. Buat kamu yang merasa punya suara enak didengar hehe, dan suka dunia Broadcasting nggak ada salahnya untuk coba profesi yang satu ini.

Jam kerjanya biasanya shift berdasarkan jam siaran, ini bisa banget kamu sesuain dengan jam kuliah dan istirahat kamu. Lagi-lagi kamu harus punya managemen waktu yang baik.


.         
4. Penulis
Kamu hobi menulis? Nggak ada salahnya asah kemampuan tulis-menulismu. Media lokal maupun interlokal selalu siap menerima hasil karyamu. Sekarang, ada banyak trempat belajar, kelas menulis online juga bisa dicari di Facebook. Hari gini, nggak ada alasan bagi kita untuk malas kan. Ada banyak ruang elajar, ada banyak tempat yang bikin kita produktif.

Tulisan kamu yang dimuat di media massa, tentunya akan mendatangkan uang buat kamu. Kalau di Lampung, Opini, Cerpem dan Cerita anak bisa kamu kirim ke Lampung Post dan ada royalti untuk itu.

Whatever apapun itu pekerjaannya, semua kembali ke masing-masing diri kita. Sejauh mana kita mengenali diri. Hobinya apa, dan kemana kita asah kemampuan serta menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang kita suka. 

Yang suka bisnis bisa asah kemampuan berdagang, menguji mental kita dalam menghadapi konsumen yang gampang-gampang susah. Yang ingin mengabdikan diri jadi pengajar boleh juga serius nbelajar mengajar sekaligus paruh waktu Mengajar Privat, belajar manajemen emosi dll. Yang suka Broadcast, Jusnalistik bisa coba siaran radio, dll.

Tentunya masih ada pekerjaan paruh waktu yang dijalani mahasiswa di negeri ini, tapi yang aku tulis berdasarkan pengamatan pribadi ya.
Yang pasti, selalu lakukan hal positif, keep produktif, terus belajar. Hidup Mahasiswa!

Comments

Popular posts from this blog

Nonton Bunda Cinta Dua Kodi, Film Keluarga yang Bikin Nangis Haru