Tips Tetep Kece Saat Bukber



Sepuluh hari pertama di bulan Ramadhan telah terlewati, tapi jadwal undangan Buka Bersama masih padet dong ya. Baik teman sekolah, yang ngajak reuni, teman kuliah, teman di organisasi dan komunitas atau bahkan  teman kerja.

salah satu undangan Buka Bersama


Apapun itu, bagi kita manusia yang selalu pandai mengambil pelajaran pasti banyak mendapat hal positif dari agenda buka bersama.

Selain yang pasti bisa mempererat tali silaturahmi, yang mendatangkan rezeki dan jodoh #eh. Buka bersama juga bisa bikin kita refresh dari padatnya jadwal harian, serta juga bisa saling memotivasi diantara teman.
 
Duduk bareng teman, serunya.. doc. pribadi

Ah banyak deh sisi positifnya, ya tau aja kan gimana hebohnya kita kalau duduk kumpul bersama teman-teman apalagi di momen Ramadhan.

Nah kali ini, aku sebagai orang yang ‘merasa’ sering ikut Buka Bersama baik yang gratis maupun bayar (haha) mau kasih Tips buat kamu supaya tetep Kece Saat Buka Bersama. Check this out!

1.      Tepat Waktu
Jangan telat plis. Kasian teman-teman yang nunggu, atau kamu yang ketinggalan bahan diskusi atau obrolan. Kalau datang kesorean lalu buka puasa aja kan makan doang jadinya. hehe


2.      Jangan Salah Kostum
Aku secara pribadi bukan tipikal orang yang modis dengan banyak aksesoris. Namun, menurutku, biar kamu nyaman, jangan sampe kamu salah kostum, salah sambung warna, atau bahkan belum mandi hehe.

Semua itu hanyalah demi kenyamanan kamu sendiri, kalau kamu nggak nyaman dan nggak pd itu nanti akan jadi masalah kamu sendiri. 

Intinya pastikan kamu rapi, wangi, dan pastinya nyaman. Semua bermula dari kamu, kalau kamu nyaman dengan diri kamu, orang lain akan nyaman juga didekat kamu.



3.      Pilih Tempat Makan yang Tepat
Beberapa waktu lalu, di salah satu group chat WhatsApp-ku sibuk mendiskusikan tentang tempat makan yang cocok untuk bukber.

Beberapa mungkin memperhatikan menu, tempat shalat, price, posisi duduk, letak geografis (?) sampai dengan tempat shalat.

Nah ini memang sebaiknya se-nyaman mungkin ya. Tapi jangan sampe, karena sibuk bahas ini justru sampai lebaran nggak kunjung jadi deh buka bersama. hihi

4.      Wudhu Sebelum Berangkat
Sebaiknya sih dalam setiap waktu kita selalu jaga wudhu ya. Tapi mungkin akan aku tekankan di saat begini. Terutama buat kaum perempuan.

Nih, seandainya kamu dan teman-teman pilih rumah makan yang terkenal dan crowded dengan kapasitas toilet, tempat wudhu, dan mushola yang nggak cukup menampung keseluruhan konsumen di jam maghrib yang pendek itu kamu yang kelimpungan sendiri. iya kan.

Nah yang begini memang kudu disiasati sejak kita memilih tempat makan, namun dalam beberapa kondisi kita memang gak bisa memilih ya dimana kita diundang Buka Bersama, karena itu kamu harus siap jaga wudhu dari rumah.

Dari pada harus antri panjang dan dengan tempat wudhu terbuka kan repot tuh untuk yang perempuan, hehe.

5.      Jangan Lewatkan Shalat Magrib
Ikutan Buka Bersama kok gak ikutan Magrib Bersama sihhh... gak kece kan itu namanya. Iya iya Buka Bersama mempererat tali silaturahmi, tapi kalau laju bikin kita ninggalin shalat yang wajib, buat apa?

Ssstttt.. Terkecuali untuk kaum perempuan yang sedang menstruasi ya..

6.      Bawa Perlengkapan Pribadi
Setiap kita punya standar terhadap diri sendiri. Jadi yang dimaksud perlengkapan pribadi ini relatif sifatnya.

Aku punya teman yang nggak bisa makan ayam potong, dan nggak bisa makan makanan yang bahan dan bumbu penyedapnya tidak diketahui secara pasti. Jadi, kalau momen yang sifatnya makan-makan di tempat umum begini, dia siapin makannya sendiri dari rumah.

Yey, solutif kan. Tetep kumpul sahabat, juga tetep sehat. Dan tentunya, itu standar dia.

Jadi intinya, kita yang sudah mengenal diri kita dengan baik jangan sampai lengah terhadap detail kebutuhan kita sendiri. contohnya lagi, jangan lupa bawa mukena, bagi perempuan.

Atau jangan lupa isi tumbler dengan air mineral dari rumah karena gak suka Es.

Atau jangan lupa bawa bedak dan lipstik supaya habis shalat bisa dandan lagi. Haha

Yap... i think enough. So far, itu beberapa hal yang perlu diperhatiin buat kamu yang mau Buka Bersama, dear. Supaya tetep Kece, dan nggak ganggu acara kamu sama sahabat, keluarga, rekan kerja, dll. Thankyou!

Comments

Popular posts from this blog

Nonton Bunda Cinta Dua Kodi, Film Keluarga yang Bikin Nangis Haru