#BukuUntukIndonesia Gagasan Keren Untuk Literasi yang Lebih Baik


Pagi itu gerimis turun, saya bersiap sejak selepas shalat subuh untuk meeting point di rumah Mba Naqiyyah untuk keberangkatan ke Pringsewu. Kami akan menghadiri undangan dari PT Bank Central Asia (BCA) dalam rangka pembagian donasi Buku Bacaan di Lampung khususnya Pringsewu.

pict by Me




Berdasarkan undangan, acara diadakan di SD 7 Gading Rejo, Pringsewu. Kami sampai tepat waktu, bersama beberapa blogger lainnya yaitu Mba Naqiyyah, Bowo, Mba Rinda, Umi Neny, Mba Izzah, Kak Jarwo dan Bang Yan.

Kami sempat mengobrol dengan kak Rendy, beliau adalah salah satu panitia acara #BukuUntukIndonesia kali ini. Bersama Kak Rendy, kami banyak sharing terkait dunia literasi.

Di Lampung sendiri, banyak penulis-penulis berbakat yang lahir dan besar di Lampung. Dan punya spirit yang sama untuk menyebarkan virus baca pada anak-anak pendalaman. Tak dipungkiri, keadaan di perpustakaan desa maupun sekolah begitu menyedihkan.

Banyak buku yang perlu di update sesuai zaman. Namun kurangnya dana dan akses sehingga perlu kepekaan dari setiap kita untuk turut berbagi demi terciptanya literasi yang lebih baik.

Komunitas Blogger, seperti Tapis Blogger, Forum Lingkar Pena (FLP) di Lampung punya mimpi yang sama dengan BCA dalam hal menumbuhkan minat baca untuk anak-anak daerah. 

Acara ini, adalah wujud dari kegelisahan karena melihat realita betapa anak kini semakin jauh dari buku. Justru beralih ke gadget dimana dampak domino kita rasakan.

Sebabnya mungkin bermacam-macam, selain karena membosankan, bisa jadi karena mereka tak mengupdate buku. Anak-anak juga butuh buku yang baru, colourfull yang bisa meningkatkan minat baca.

Menyadari hal itu, BCA menginisiasi untuk mengadakan gerakan sosial yaitu #BukuUntukIndonesia.

Hujan yang semakin deras tidak menyurutkan semangat panitia yang sedang mempersiapkan acara, kursi-kursi disusun rapih, para siswa mulai dikondisikan, beberapa kakak panitia juga sedang memompa balon untuk memeriahkan acara.

Kakak Panitia sedang menyiapkan balon untuk memeriahkan acara

Pukul 09.00 wib, hujan mulai reda. Anak-anak mulai diarahkan untuk memenuhi tempat duduk yang telah disediakan. Sampai kemudian MC mulai memperkenalkan diri dan memandu acara. Diawali dengan pertunjukan Tarian Black Dik Dot yaitu tarian kreasi yang berjumlah lima orang dengan gerakan yang menurut saya anak-anak banget. Sungguh kreatif!

Selanjutnya ada juga performance Dance Modern yang grup dance nya mereka beri nama Redvelvet. Ya, Redvelvet yang mereka adopsi dari girlband Korea ini juga diiringi dengan lagu Happiness milik Redvelvet Korea.

Dan yang paling seru yaitu kehadiran kakak-kakak yang punya kemampuan mengkreasikan balon menjadi berbagai macam bentuk, seperti Bunga, Anjing Pudel, Pedang bahkan mahkota hiasan kepala.


Tiba-tiba suasana menjadi gaduh, MC lalu memberitahukan tentang kehadiran Giring Ganesha ‘Nidji’ yang akan memeriahkan acara.

Tanpa komando semua bersorak “Kak Giring, Kak Giring”
Sampai kemudian muncullah Kak Giring dari ruang kantor sambil menyanyikan lagu laskar pelangi di bait reff nya.

Di atas panggung, Kak Giring menawarkan diri untuk membacakan cerita anak. Ternyata Kak Giring sudah menyiapkan buku untuk story telling loh.

Suprise!  Kak Giring ternyata jago sekali membaca cerita. “Saya biasanya bacain cerita pada anak-anak sebelum mereka tidur” ucapnya. Wahh keren ya, mau juga dong dibacain tiap malam sebelum tidur #ehh


Setelah itu, MC mengadakan doorprise dengan memberi pertanyaan seputar cerita yang Kak Giring ceritakan. Dan ternyata anak-anak lincah menjawab. Sukses Kak Giring, ceritanya disimak dengan baik.

Selanjutnya kak Giring diminta menyanyikan lagu Laskar Pelangi, lagu Kak Giring yang banyak di hafal anak-anak karena liriknya yang sangat baik dan bersemangat.

Dengan diiringi drum band anak-anak Kak Giring terus menyanyi sambil sesekali mengatakan ketakjubannya karena kemampuan anak-anak bermain musik.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan. Dipandu oleh MC yang sama, dengan tak lupa pementasan tari sembah oleh siswa SD 7 Gading Rejo.
Seperti biasa, para tamu yang duduk didepan (yang merupakan tamu kehormatan) diminta mengambil sirih.

Selain Giring Nidji, yang merupakan Guest Star acara ini dihadiri oleh Direktur BCA Santoso, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCASapto Rachmadi, Kepala KCU BCA Bandar Lampung dan Soeharjo Moeliadi.

Juga turut menyaksikan diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar. Ka UPT Pendidikan Bandar Lampung Yekti Budi Utami, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Tri Prawoto, Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung Sumarju Saeni.

Pak Santoso, dalam sambutanya menyampaikan komitmennya untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik.

Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia.
capture by me
capture by me

Selanjutnya pemberian donasi buku secara simbolis oleh Direktur BCA, Pak Santoso kepada 7 Kepala Sekolah SD Negeri, yakni SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu


Cekrekk bersama Kak Giring yang peduli dunia literasi

Selain di Lampung, BCA juga akan melakukan penyaluran donasi #BukuUntukIndonesia serempak di 5 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Kelima kota tersebut adalah Banda Aceh mewakili Sumatera, Garut mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.

“Kami berharap Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia dapat berkontribusi menumbuhkan minat baca sejak dini, terutama pada tunas-tunas bangsa yang kelak akan mewarisi negeri ini,” ucap pak Santoso di tengah wawancara dengan para awak media.

Semoga apa yang telah kita perbuat dalam dunia literasi membuahkan hasil yanag signifikan dan tentunya bermanfaat bagi orang banyak, demi Indonesia yang lebih baik.

Oh iya, setiap kita bisa loh ikutan menyumbang buku. Caranya kunjungi ttps://bukuuntukindonesia.bca.co.id disana dijelaskan gimana cara supaya kamu bisa ikutan donasi. Minimal donasi Rp.100.000,- kamu bisa dapet kaos apresiasi yang kece dan pastinya limited!

Salam literasi!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nonton Bunda Cinta Dua Kodi, Film Keluarga yang Bikin Nangis Haru