Curhat 1 : Nyeri Haid


awal bulan seharusnya bahagia jalan-jalan. malah nyeriii

Hai guyss,  selamat pagi di awal-awal bulan. Seger ya hehe, awal bulan cair gajian haha.
Tapi ada satu hal, yang bikin males, keki dan bete di setiap pergantian bulan. Yaitu Datang Bulan :D


Kalau lagi bareng temen-temen yang cewek, kadang suka haha hihi dan nyeletuk enak kali lah ya lagi ‘dapet’ bisa bangun siang santaaaai, tapi enggak. Gagal nyantai deh kalo saya yang ‘dapet’ yang ada malah bedrest dirumah karena badan limbung huhu.

Iyes, saya tipikal yang sakit perut, pegal-pegal, kram, sensi, baper, mager, laper hehe. Enggak ding kalau laper. :D

Buat yang nasibnya sama kayak saya, eh bukan nasib ya, tapi kondisi bulanan hehe. Bisa dong share gimana cara atasi, saya juga share nih gimana cegah dan obati nyeri haid 




Meski yang saya pahami, lebih baik mencegah daripada mengobati


Minum Obat

Pernah suatu ketika, saya diundang kerumah seorang teman di daerah Tulang Bawang Barat di acara pertunangan. Tapi qodarullah saya malah datang bulan, dan nyeriii tiba-tiba. Karena panik,sementara acara akan dimulai 2 jam lagi saya nekat minum Panad**.  Alhasil nyeri cespleng hilang, dan syuuut ngantuk, sejam tidur lalu bangun kembali bugar. Ini jalan pintas, tapi saya nggak rekomendasi karena saya pribadi nggak suka minum obat, meski kandungannya jelas, hanya Paracetamol dan Kafein.

Kan banyak tuh yaa, obat-obat yang dijual di pasaran, teman-teman pasti sudah pada tau tanpa aku kasih tau contohnya hehe.


Kompres Air Hangat

Beneran, kalau saya udah PMS saya sampai harus izin ke kampus, izin mengajar les privat, izin rapat, izin main, pokoknya istirahat di rumah dengan pengobatan manual, yaitu mengompres perut dan pinggang dengan air panas yang dimasukkan ke dalam botol, ini jelas meredakan kramnya, kondisikan kaki dan badan merebah kondisi rileks. Sayang, sembuhnya  cenderung lama, sampai ketiduran dan tentunya wasting time banget. Buat yang dikejar-kejar kerjaan pasti kehilangan waktu, ya gakpapa sih ya asal jangan kehilangan dia #lho


Olah Raga
Sampai saat ini sih, saya percaya kalau nyeri haid itu bisa dicegah. Yaitu dengan banyak berolah raga. Hehe. Ini saya dapat dari hasil pengamatanku ya, saya perhatikan kalau dalam sebulan intensitas olahraga atau aktivitas yang banyak menghabiskan tenaga dan keringat saya tidak terlalu nyeri ketika haid. 


Sebaliknya, jika sebulan kurang produktif, banyak kerja di belakang meja, sering stress, itu pasti deh nyerinya nggak karuan

Makan Makanan Sehat
Ini yang menurut aku paling mujarab. Dan yang satu ini lebih kepada Pencegahan ya, makan makanan sehat saya coba terapkan setiap harinya. Apalagi kalau rutin berpuasa, lebih baik lagi loh. Eh lagi ini berdasarkan pengamatan pribadi ya hehe.

Makan makanan sehat, seperti menyeimbangkan porsi nasi, sayur, dan lauk sebagai sumber protein, dikurangi makan makanan junkfood dan lebih baik masak sendiri.
Aku selalu pasang alert buat diri sendiri bahwa perempuan itu harus sehat, karena kita lah yang akan melahirkan generasi terbaik dimasa depan, kita yang akan mendidik, dan membesarkan. Jadi baik hati dan jiwa kudu sehat.
Eh kokk melebar ya :D


Minum Susu
Yakkk susu! Sebenarnya aku kurang suka susu, apalagi yang full cream. No! Itu manis banget, aku sebisa mungkin menghindari, bahkan beli jus aja tanpa susu hehe.
Tapi mengingat kelebihan susu bagi kesehatan aku yakinkan diri deh untuk minum susu supaya nggak kekurangan kalsium.
Dan ternyata guys, justru saya menemukan manfaat lagi setelah minum susu. Yap, nyeriku berkurang J
Aku rajin beli susu UHT di awal bulan dan ternyata pengaruhnya terasa sekali loh.



Yap itu diaaa cerita saya tentang siklus bulanan, saya tunggu cerita kalian yaa. See u
 

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog