Merenungkan Hari Sumpah Pemuda di Kotabumi Bettah, Lampung Utara


Anak Mudaaa~


Muda itu selalu identik dengan semangat.
Muda juga kerap disandingkan dengan kesan yang nyala dan gairah.
Demikian bukan tanpa alasan, bangsa kita sendiri punya sejarah panjang berkaitan dengan ‘Muda’.


Kaum Muda punya peran besar dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia melalui peristiwa Rengasdengklok. Sejarah juga mencatat dalam Kongres Pemuda Kedua pada 27-28 Oktober 1928 para pemuda yang mengikuti kongres tersebut juga mengikrarkan sumpah yang dimaksudkan sebagai bentuk pengokohan semangat untuk meneguhkan cita Indonesia.

Yay. Tak heran, kaum muda secara de facto dianggap sebagai agen pembawa perubahan, karena energinya yang sedang full dan dalam usia yang sangat produktif dan berkarya

Beda era, tentu juga berbeda cara berjuang. Di zaman now, zaman dimana kita bisa pergi ke banyak tempat tanpa berpindah tempat sudah pasti berbanding lurus dengan pola pikir anak muda yang kreatif dan tanpa batas. 

Perjalanan saya beberapa hari yang lalu yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda, yaitu 28 Oktober ke Kotabumi, Lampung Utara ternyata membuat saya merenungkan banyak hal, salah satunya tentang bagaimana Pemerintah Daerah setempat memperhatikan anak muda dengan dibangunnya taman-taman kota yang tentu sebagian besar pengunjungnya pastilah anak muda.


Tugu Ratu di Taman Sahabat sedang dalam proses (pict by Me)


Tugu Payan Mas, di sisi kiri terdapat Taman yang juga menjadi fasilitas berkumpul anak muda maupun keluarga

Islamic Center Lampung Utara

Ada Taman Sahabat, yang sedang dalam proses pembangunan Tugu Ratu juga, Foodcourt di dekat Tugu Payan Mas, juga foodcourt di pelataran Gedung PKK.

Di taman-taman tersebut, para pedagang yang membuka lapak dibebaskan biaya sewa tempat lapak. Sehingga banyak juga anak-anak muda yang membuka kedai dan belajar berwirausaha.

Saya tidak sempat memotret warung-warung tenda karena sayang sekali baterai handphone habis.

Namun saya merekam dengan jelas dalam ingatan bahwa susana di kota kecil ini begitu hidup, interaksi sosialnya berjalan dengan baik, jalanan bersih dari sampah, anak-anak muda tersalurkan ide kreatifnya.

Dalam upaya kemandirian ekonomi Indonesia yang lebih baik dan kece tentunya.

Anyway, selamat Hari Sumpah Pemuda untuk kamu yang Berjiwa Muda :)

Bersama Kabid Pemuda dan Olah Raga, Mas'ud Landri di depan Hotel Duta tempat kami menginap.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog