6 Penyebab Rambut Rontok

Hai sobat muslimah, 
Seperti seharusnya kita semua tentu mengidamkan rambut yang sehat tanpa masalah. Namun ada saja keluhan yang muncul dalam merawat rambut.  Ketombe, mudah kusut, juga rambut rapuh dan rontok. Huft..

Pentingnya Menjaga Rambut

Rambut adalah mahkota wanita, terlebih bagi seorang muslimah yang dalam keseharian menutup bagian rambut yang merupakan bagian dari aurat. Menjaga kesehatan dan kebersihan rambut tentu sangat perlu.

Tapi gimana dong, kalau masalah-masalah rambut menghampiri, yang rontok, ketombe, mudah kusut. eits tapi bisa jadi kita loh yang salah merawat rambut. 

Kesalahan apa aja sih yang sering kita lakukan?

Menyisir Rambut Basah

Kebiasaan yang satu ini tidak terasa sangat biasa kita lakukan, sobat UcC. Siapa sangka ternyata inilah penyebab dari kerontokan rambut kita.
Menyisir rambut setelah mandi dengan kondisi masih basah ternyata dapat merusak rambut. Rambut yang basah lebih rentan dari pada rambut kering, karena kutikula rambut terangkat sedikit. Dimana fungsi kutikula adalah pelindung alami rambut. 
So, jangan terburu-buru menyisir rambut setelah keramas. Tunggulah rambut mengering secara alami, setelah itu baru menyisir rambut dan gunakan vitamin rambut pencegah kerontokan.

Menggunakan Pemanas Rambut

Pemanas rambut seperti catok dan pengeriting rambut dapat mempercepat kerusakan rambut. Suhu panas yang tinggi pada pemanas rambut dapat merusak protein rambut dan kutikula yang mengakibatkan rambut menjadi lebih tipis.

Stress

Stress bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Namun juga kesehatan tubuh lainnya, karenanya hindari stress sebelum stress membuat hari-hari anda menjadi buruk karena mengganggu kesehatan. Stress dapat dicegah dengan meningkatkan aktivitas sehingga stress dapat terelakkan dengan baik.

Jarang Potong Rambut

Membiarkan rambut terlalu panjang ternyata tidak baik. Rambut yang jarang dipotong akan mengalami kerapuhan. Namun jika sobat UC tetap menginginkan rambut yang panjang tak ada salahnya memotong sedikit bagian ujung rambut agar bagian rambut yang terlalu tua tidak merusak bagian rambut lainnya.

Menggaruk Kepala Tanpa Sengaja

Saat lagi bingung, terkadang tanpa sadar kita menggaruk kepala yang tidak sadar. Tapi ternyata hal inimembuat rambut rusak dan menyebabkan kerontokan. Wah kita harus segera mengurangi kebiasaan buruk ini, sobat UC.

Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Ada kalanya, kita merasa mengikat rambut dengan kuat akan membuat kita nyaman. Apalagi ketika sedang banyak pekerjaan dan tak ingin aktivitas terganggu dengan rambut yang akan menghambat pekerjaan kita. Namun, mengikat terlalu kencang ternyata akan mengundang masalah baru yaitu kerontokan. 

Comments

Popular posts from this blog