7 Manfaat Membaca Komik ala Nusaiba

Conan Edogawa, Heiji Hattori, dan Kaito Kid . Pict : Tongkis

Sisi menyenangkan ketika punya banyak kakak adalah, kita jadi punya banyak panutan dalam hal apapun. Termasuk hobi dan idola.


Mamasku yang terpaut selisih 4-5 tahun, bikin aku suka lagu-lagu Sheila On 7 karena nyaris saban hari di setel mulu kaset Vcd bajakan dapet beli di pasar depan rumah. *jangan di contoh kaset bajakan ieeew

siapaaa? siapa yang gaktau video klip ini? hahaha

Lain lagi dengan mbakku yang 10 tahun lebih tua menularkan virus baik yaitu Baca Buku. huwoo jangan salah dari SD aku udah kenal Majalah Annida yang legend di kalangan akhwat itu loh. Sekaligus bikin aku ketagihan baca-baca segala cerita fiksi, karena tinggal di kampung, daerah pelosok pegunungan otomatis nggak mungkin banget bisa berlangganan majalah Bobo yang pada masa itu begitu keqiniannn di kalangan naq-anaq (mulai alay) haha


So yang bisa ku lakukan adalah, beli majalah bekas di pasar. Majalah bekasnya juga nggak jadul amat kok, cuma selisih 2-3 bulan udah di loakin. Jadi walaupun bekas, majalahnya nggak terlalu kudet.

Terus apa nih hubungannya sama komik?
Jadi gini, selain aku tertular virus Sheila On 7 dan Base Jam (yaAllah, ini band jaman ga enak haha) serta baca majalah yang naturally majalah anak-anak. Aku juga jadi tergila sama Detektif Conan yang ditayangin di Indosia* tiap Minggu jam 08.30 sebelum Dragon Ball haha.

Semua itu tak lain tak bukan berkat peran mereka berdua yang nontonin itu sambil sok sok nganalisa kasus.

Dan seperti yang terlihat, aku yang sampe sekarang udah setua ini, (eh engga masih nyus nyus kok) masih rajin mbacain komik. Apalagi sekarang ada versi digitalnya, yuhu. insyaAllah yang aku baca bukan yang scan-an whehe.

Tadinya aku sering dikongek temen-temen, dibilang kaya bocah. Tapi as we know, bahkan sekarang ada aplikasi Webtoon yang memfasilitasi ini semua.

Dengan kata lain baik dewasa maupun anak-anak banyak yang suka membaca komik. Tapi sayangnnya banyak yang menganggap remeh orang yang suka membaca komik. Padahal, ada banyak fakta yang menyebutkan berbagai manfaat yang didapat hanya dengan membaca komik.

So, check this out ini dia manfaatnya ;

Menambah Wawasan
Membaca, seperti yang kita tahu akan menambah wawasan. Contohnya, komik yang berlatar belakang Jepang tentu akan menjadikan pembaca mengetahui hal banyak tentang Jepang. Begitu pula pengetahuan lainnya, misal tokoh di Komik yang bekerja sebagai designer terkenal, akan membuat pembaca mengetahui banyak tentang profesi designer.

Profesor Agasa, yang jago bikin alat-alat canggih yang "ada-ada aja"

Menambah Pembendaharaan Kata
Dalam keseharian, kita cenderung menggunakan bahasa yang mudah digunakan. Seperti misalnya bahasa daerah atau lain sebagainya. Namun dengan membaca komik, akan membuat kita jauh lebih mengenal banyak kata. Secara tak sadar menjadikan pembendaharaan kata yang kita punya semakin banyak.

Mengurangi Stress
Membaca komik dan terhanyut dalam alur cerita dapat membuat kita sejenak melupakan masalah hidup. Membaca komik dapat dijadikan pilihan ketika sangat membutuhkan hiburan di tengah rutinitas yang padat. 

Mengisi Waktu Luang
Waktu luang yang kita punya, dapat diisi dengan salah satunya membaca komik. Membaca komik jauh lebih baik ketimbang tidur, atau aktivitas tidak produktif lainnya.

Meningkatkan Daya Ingat
Ketika membaca komik, secara tak sadar kita akan merekam dalam ingatan semua tentang ceritanya. Hal ini sekaligus merangsang daya ingat untuk mengingat lebih banyak dari biasanya.

Meningkatkan Kreatifitas dan Imajinasi
Dengan membaca komik, pembaca akan secara naluriah mengimajinasikan apa yang diceritakan dalam komik. Gambaran visual dalam komik akan membuat kita membayangkan kisah yang disajikan dalam komik. Semakin banyak komik yang kita baca, akan semakin merangsang kreatifitas kita pula.

Hiburan yang Murah
Dibandingkan menghabiskan liburan di tempat wisata, membaca komik di rumah cukup dapat dijadikan pilihan. Lebih murah dan tetap asyik, kan?

Gimana? banyak kan manfaatnya. Semoga ini semua bukan jadi alat aku membenarkan untuk baca komik ditengah aktivitas lain ya haha. Tapi lebih ke mencari sisi positif dari hobi yang amat aku senangi.

Bukankah, sebaik-baik manusia adalah yang pandai mengambil hikmah?

Last, senyum manis dari Heiji si Detektif dari Barat dan Sinichi detektif dari timur dalam jelmaan Conan :D




Comments

  1. Akuh juga maniak komik terutama komik jepang dan korea, punya adekku hehe..

    ReplyDelete
  2. Dulu waktu kecil saya suka baca bobo dan Donald bebek, dikirimin gratis oleh Om yg kerja di gramedia :D

    ReplyDelete
  3. Saya memang gak suka komik. Tapi apapun genrenya, yg penting konten yg dibaca itu sehat bernutrisi.

    ReplyDelete
  4. Udah lama ga baca komik, berasa kek sibuk aja

    ReplyDelete
  5. zaman SD dulu masih banyak sekali koelksi majalah BOBO, Majalah Asyik di perpustakaan sekolah,. Kalau soal Komih suka yang genre komedi, romance, detective. (biasanya aku baca manga online atau komik online karya anak bangsa di salah satu aplikasi komik) kayak Juki, Pak Guru Inyong, Draco Dairy, Ngopi Yuuk, Si Udin dan banyak lagi yang lainnya...

    ReplyDelete
  6. Suka baca komik tapi gak segila baca majalah hahaha dulu juga tertular dari kanak-kanak suka baca Majalah Kartini, Majalah Kawanku, Gadis dll.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nonton Bunda Cinta Dua Kodi, Film Keluarga yang Bikin Nangis Haru