BLOGTOUR ; Review dan Give Away Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen

Sebagaimana kamu ketika denger ‘pasta gigi’ ingetnya ‘pepsodent’ denger kata ‘detergent’ ingetnya ‘rinso’ denger kata ‘ojek online’ ingetnya gojek begitu pula dengan diri kamu, diingat sebagai apa dan siapa ketika orang denger nama kamu. Itulah, Personal Branding.

Review Buku Personal Branding

Nah, kali ini, aku mau review sekaligus adakan give away buku Personal Branding; Sukses Karier di Era Milenial karya Dewi Haroen.


Personal Branding adalah Merek Diri Seseorang. Kalau dalam strategi brand yang dipasarkan adalah produk/jasa. Berbeda dengan Personal Branding yang ditawarkan adalah diri kamu, iyaa kamu. hihi.

Jadi ingat obrolan sama Blogger sekaligus MC cetar Lampung Bang Indra @duniaindra, Sell your Self, not your body! Jadi, dengan kata lain sejauh mana kita berhasil memperkenalkan merk dan kualitas diri.

Sebagai contoh, kalau di Lampung ada Kak Alejenes yang semua orang sudah tau, beliau adalah tempat orang nanya dimana aja nih makanan enak di Lampung dengan akun instagramnya yang hits @kulinerlampung. Ada juga Kak Fadlan Satria, yang denger namanya aja pengen ngomong bahasa inggris. Lalu gimana dengan Septian Cahyadi? Inget apa? Ya pengen belajar design atau mau pesan design grafis untuk backdrop kan ya?. Dan terakhir kalau denger nama Anditha Irianto kalian inget apaaa? Iyakkk inget pengen dimekapin pas nanti meniqa~ #HAHAHA

Nama-nama diatas adalah beberapa influencers Lampung yang udah berhasil memperkenalkan personal brandingnya ke khalayak. Tanpa mereka sadari atau engga tentunya.

Adakah hubungan antara personal branding dengan julukan?

Jadi gini, di Indonesia kan biasa ya, memanggil dan menyebut orang dengan julukan, contohnya Novi si Baik Hati, Novi si Kece Ulala, Novi Imut Menggemaskan, Novi Hitam tapi Manis, Novi Genius, dan lain-lain. Julukan-julukan inilah yang merupakan personal brand yang terbentuk secara alami oleh lingkungan sekitar berdasarkan ciri khas yang paling menonjol dan mudah diingat dari seseorang. Gak jarang ya, kita lebih ingat julukanya ketimbang nama aslinya.

Curhatan lama soal nama panggilan, klik disini

Terus untungnya apa?

Mba Dewi Haroen said “Personal Branding di dunia karier adalah proses yang menjadikan diri anda terlihat dan terpilih dari sejumlah kandidat”

dalam bukunya, beliau juga mengandaikan seorang staf rekrutmen harus memilih satu dari tumpukan menggunung file pendaftar di sebuah perusahaan. Nah pentingnya kekuatan personal brandingnya yang terbentuk baik di dunia nyata maupun  maya. Jadi tanpa harus bertemu, staf rekrutmen bisa berasumsi manakan kandidat yang cocok dengan lowongan kerja yang ada.



Timbul lagi dong pertanyaan lain. ‘Oh jadi kudu eksis ya?’

Dijawab langsung oleh Mbak Dewi, “Popularitas sebagai seorang profesional di dunia karier tetap diperlukan meski tak seheboh artis papan atas” Jadi, dimaksudkan kita hanya perlu dikenal oleh orang-orang yang berkaitan dengan lingkup pekerjaan. Tujuannya, agar perusahaan atau kalanga profesional melihat karakter, kompetensi, dan kekuatan yang dimiliki. Sehingga mengenal keunikan dan spesialisasi dibandingkan oranglain di bidang yang sama.

Di Buku ini juga dijelaskan, salah pengertian pada personal branding sehingga mengidentifikasikan personal branding dengan popularitas ala selebritas/selebtwit/selebgram. Padahal bisa jadi seorang yang tidak terlalu dikenal, akun sosial medianya tak banyak pengikut namun memiliki reputasi bagus di bidang keahlian tertentu, menjadikan dirinya seorang Key Opinion Leader (KOL).

Bisa dibandingkan dengan seseorang yang populer, dengan follower akun sosial medianya yang banyak tapi lemah brandingnya, tak jelas keahlian dan kompetensi yang ditawarkan akhirnya hanya berperan sebagai model.

Quote dari buku ini :
"Dan kalau brand tidak terbangun dengan baik karena kita tidak membangun brand sendiri, maka orang lain akan membangun brand anda sesuai persepsi  mereka sendiri"
Dari quote ini, bener-bener bikin aku mengingat banyak hal yang sudah aku lalui. Dulu, awal kuliah semester satu baru masuk aku langsung populer di jurusan, teman-teman dari kelas a sampai d kenal Novi, kenapa? Karena aku dianggap kreatif!

Jadi, 
"Novi yang mana?"
"Novi yang kreatif itu, dia bisa bikin huruf dari flanel bagus deh."

Padahal aku ngga kreatif-kreatif amat hihi. Dan saat itu aku juga belum ngeuh kalau itu bagian dari branding yang terlanjur terbangun, alhasil banyak sekali yang bahkan memesan nama-nama dari flanel dan kujadikan bisnis untuk menambah uang jajan. Uwuwu~

Nah ini dia yang dikatakan differensial, pembeda. Dalam dunia kerja, tingkat kompetisi akan semakin hyper, perbedaan memang harus diciptakan agar kita mudah terlihat, contoh kisah pribadiku di atas sudah cukup menggambarkan dimana dari ratusan mahasiswa aku bahkan sampai dikenal dosen dan kaprodi dengan citra anak baik yang kreatif hihi

Sepanjang yang aku tangkap atas pembahasan panjang dan lebar dari buku ini, aku menyimpulkan bahwa segala laku dalam hidup ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana kita membangun personal branding.

Pertanyaan-pertanyaan terkait urgensi personal branding, hal apa saja yang paling menunjang untuk dilakukan dalam membangun personal branding, bagaimana dan dengan apa membangunnya, lalu apa saja yang sebaiknya tak dilakukan dibahas secara mendalam dalam buku ini.

Serta yang paling aku suka adalah tampilan buku yang eye catching hehe. Dengan design yang chic, infografis yang runut dan jelas serta font ramah di mata ini asyik banget bisa khatam dalam semalam bacanya.

Untuk kamu yang berminat memulai membangun personal branding (jika belum) berkesempatan punya buku ini loh. Caranya dengan ikutan Give Away aku dong! 


Judul                    : Personal Branding; Sukses Karier Era Milenial
Penulis                 : Dewi Haroen
Desain Sampul    : Firda Haerunisah
Penerbit               : DH Media
Terbit                   : Februari 2018
Tebal                    : 228 hlm
Isbn                      : 976-602-51574-0-0

Give Away Personal Branding

Berikut ketentuannya:
  1. Setiap WNI dengan segala usia boleh mengikuti give away ini
  2. Follow akun instagram @nusaibanovi dan @dewiharoen
  3. Komentar di Blog ini tentang “Alasan kamu harus memiliki buku ini dan mengaitkannya dengan status/profesi kamu”
  4. Cantumkan juga nama, no hape, akun IG dan alamat lengkap untuk memudahkan pengiriman.
contoh :
"Wah kayaknya bukunya menarik banget yaa, aku sudah follow IG nya. Pengen banget punya bukunya karena sebagai mahasiswa sepertinya aku harus mulai membangun branding diri, ingin lebih tau juga gimana kiat dan tips supaya branding bisa terbangun dengan baik.

Nama : Anjar Khanza Talitha
No Hp : 082269391237
Akun IG : @anjarkhanzaa
Alamat : Jl Surya Utama No.23, Jebres, Surakarta"

Satu lagi ah konklusi,
"Jadi kalian kalau denger nama aku inget apa?"
Jangan inget pipinya yang kaya dikasih pengembang ini yaaa, ini aku foto udah pake nahan nafas lho~


SEKIAN! Ditunggu partisipasinya, give away sampai 14 November 2018 yaa! Akan aku umumkan di Instagram. siap-siap dapat mention dari @nusaibanovi

Comments

  1. Ternyata perlu banget yaa personal branding. Kalo kita nggak membranding diri, maka orang akan melabeli kita dengan persepsi mereka masing2, gitu ya? Kok serem, haha. Kayaknya aku harus kudu wajib baca buku ini. Karena aku belum bisa menemukan siapa diriku dan kemana akan membranding diriku huhuhu.

    Nama: Desy LA
    No. HP: 08985446596
    IG: @desylisthianaa
    Alamat: Jl. P. Antasari, Bandarlampung

    ReplyDelete
  2. Wah buku yang sangat menarik sekali harus dimiliki. Branding sangat penting agar diri kita dikenal sesuai dengan goal kita sebagai apa ya. Misalkan kita mau di kenal sebagai blogger maka kita harus membranding diri sebagai blogger melalui berbagai media. Jadi harus bangga mengenalkan diri sebagai blogger begitu ya dek Novi? Jadi kesimpulannya aku wajib punya buku ini biar paham cara branding diri yang baik itu bagaimana.

    Nama: Ika Yudaningrum
    Ig. : @ika_ummu_arrahma
    No hp : 082375117717
    Alamat: RS Islam Metro
    Jl AH Nasution no 250 Yosodadi Metro Timur

    Semoga Rizki saya ya bukunya aamiin

    ReplyDelete
  3. Kaloo melihat tulisan apik mbak Novi, sepertinya tidak diragukan lagi akupun harus membaca buku #PERSONALBRANDING yang ditulis oleh ibu @dewiharoen nih, biar lebih tau kiat-kiat untuk membranding diri. Memang bener banget sih, udah berbuat baik aja masi disangka cari perhatian atau cari tenar apalagi kalo ga berbuat baik dikiranya apatis,, hahaha. Padahal setiap manusia kan kagak ada yang sempurna yak #eeeaak. Banyak membaca, banyak belajar, belajar dari para ahli dan lakukan yang terbaik #mantapss

    Nama : Arini Cisara Putri
    Instagram : @Cheysara_Airin
    No.hp : 089632635873
    Alamat : Jl. Abdul Muis 6 No.49 (arah SMK 2 Mei) Bandarlampung

    ReplyDelete
  4. Wah setelah baca tulisan mb Novi jadi tahu tentang personal branding itu apa. Semakin tertarik untuk membaca bukunya sampai selesai. Karena saat ini aku masih belum bisa menemukan yang biasa orang sebut dengan "jati diri". Masih butuh banyak asupan yang bisa membantuku menemukan siapa diriku. Well, itu sebabnya aku ikut ga dari mb novi :)

    Nama: Syamsi Nur Hayati
    Instagram: syamsi_nh
    No. Hape : 0853-2502-4193
    Alamat : Sidomulyo 02/05, Randusari, Prambanan, Klaten

    ReplyDelete
  5. Paling suka reviewny masa��ini review ter-asik menurut q. Gk bosen d baca. Dan aq jdi sedikit paham ap it personal branding,dan betapa pentingny personal branding it sendiri. Sebagai seorang pelajar aq gk mau dong d labelin dengan julukan yg aneh" dan pastiny gk bikin bangga pas d denger. Aq pengen aq sendiri yg mengaturny,melabeli dengan hal" yg baik,dan mereka hanya perlu mengetahuiny. Tak perlu mereka dengan susah payah mencari julukan yg pas hanya untuk menjatuhkan. Dan aq perlu belajar dari buku itu,mencari tips" agar aq paham siapa aku,apa tujuanku yg sebenarny,ap keinginan ku yg sesungguhny dan apa yg harus aq lakukan,agar tak d pandang buruk oleh lingkungan sekitar

    Nama : Fitria Puspita Sari
    Instagram: @fitriapsari17
    No.Hp : 081927630984
    Alamat : Jln. Kianwar mangku,lr. Sriraya 7 ( Palembang,Sumatera Selatan)

    ReplyDelete
  6. Waaah agaknya buku ini bakalan ngejawab kegalauanku akhir-akhir ini, tentang personal branding.
    Bagiku personal branding itu sangat penting, apalagi untuk aku seorang pendidik di pedalaman desa. Dan menjadi seorang pendidik pastinya menjadi panutan doong.. Dan aku ingin sekali menjadi pendidik bukan hanya mendidik tapi juga menginspirasi.
    Dan semoga buku ini jadi rezeki saya 😄

    Nama: Nurul Fatonah
    Ig: nurulfatonahbiobe
    Alamat: Desa kota negara, kec. Sungkai Utara, kab. Lampung utara
    No. Hp: 085841234117

    ReplyDelete
  7. Akyu kalau ingat Novi ingat pipinya qiqiqiq. Serius. Btw happy weekend!

    ReplyDelete
  8. Kadang aku kalau ditanya apa sih personal brandingku, aku binggung. Tapi yang aku selama ini bmerasa personal brandingku ya sebagai jurnalis juga blogger. Kurang ya mba? Aih jadi penasaran pengen membaca bukunya. Aku merasaperlu banget membaca buku ini karena dua profesiku yang kini belum bisa membuat aku merasa itu personal branding yang tepat untuk aku
    Nama : Rach Alida Bahaweres
    IG : @lidbahaweres
    EMail : lidbahaweres@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. Sebagai seseorang yang lumayan aktif di dunia blogging dan sosial media. Aku butuh sekali buku ini yang membahas soal personal branding. Dan menurut saya personal branding ini perlu sekali dipelajari, dipahami dan dipraktekkan.

    ReplyDelete
  10. Waah penasaran sama buku Personal Branding ini, masih belum bisa membangun personal branding yang tepat nih, hehehe

    ReplyDelete
  11. masih belajar nih personal brandingku apa yaa soalnya IG feed dan isi blog campur aduk, hahaha. padahal sebaiknya fokus gitu.

    ReplyDelete
  12. Aku sendiri masih belum bisa nentuin Personal Branding aku sebagai apa. Kalau dulu sewaktu masih tinggal di Irak, aku bisa dengan pedenya cerita tentang kehidupan di sana sehingga yang menempel di namaku adalah Isti Irak. ;D tapi sekarang aku udah di jakarta, gimana untuk bangun personal brandingnya lagi dong?

    ReplyDelete
  13. Sejak kecil, saya sering diingatkan orang tua untuk selalu menjaga image. Tentunya bukan untuk menjadi seseorang yang suka berpura-pura. Tetapi, memang penting banget untuk memperlihatkan diri kita baik di mata orang lain. Mungkin kalau sekarang istilahnya personal branding, ya

    ReplyDelete
  14. Sering banget mendengar tentang "Personal Branding". Pernah juga ikut beberapa seminar tentang bagaimana membangun personal branding, tapi masih bingung juga sebenarnya apa "branding" yang mau aku tonjolkan

    ReplyDelete
  15. Sudah lama pingin belajar personal branding yang benar secara profesional, walaupun cuma buzzer yang apalah apalah, tapi kan tetep butuh membranding diri sendiri yaa :))

    ReplyDelete
  16. Mbak Novi, aku harus punya buku itu karena aku beneran pengen belajar personal branding. Jadi gini, aku itu rasa ada masalah gitu, aku bingung kudu gimana? aku kan dosen ya di salah satu PTN di Pekalongan, nah,,, mahasiswaku itu ngenal aku sebagai dosen blogger. Ya gak ada yang salah sih, cuma.. aku belum nemu branding yang sesuai keinginan aku gitu mba. mungkin dengan membaca buku ini aku jadi terinspirasi bagaimana harusnya aku menonjolkan sesuatu untuk nantinya aku jadikan personal branding.

    kalu dulu, blogger ngenalin aku yang ada nama kesesi kesesi gitu, sama kata2 ayutea gitu banyak yang kenal. tapi masa kaya gitu sih ngenalnya. aku kan pengen dikenal orang dengan karyaku. hehehe

    Semoga buku itu menjadi buku ku agar bisa kubaca dan menjawab semua kegelisahan dalam hatiku. aaminn

    Nama : Noorma Fitriana M. Zain
    No Hp : 089669545600
    Akun IG : @noormafmz
    Alamat : Kesesi Kota no 36 , Kab Pekalongan
    nanti kalau saya dapat bukunya, saya kirim alamat lengkapnya ya mba. makasih

    ReplyDelete
  17. Wah keren nih bukunya..jadi pengen baca juga..agar aku bisa membranding diriku dengan baik sebagai blogger.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi pengen menciptakan personal branding yg bener mbak bibi novi. Pilihlah aku dapat giveaway nya dong trus di mention di ig 😂
    Ilmu dibuku itu perlu banget aku tau dan aplikasikan.

    Nama : anggun josie pasrmawati
    Instagram: @anggunjosiepasemawatii
    No.Hp : 085795436666
    Alamat: srimenanti 33/04 bandar sribhawono, lampung timur

    ReplyDelete
  19. Berarti personal branding nggak melulu berarti femes ya Mbak? Aku pun selama ini mikir arahnya ke sana lho.

    ReplyDelete
  20. Kalau baca ceritamu, kayaknya emang dirimu kreatif ya. Karena banyak orang di beberapa lingkungan menyatakan hal yg sama.
    Btw, aku paling tertohok bagian KOL vs Model. Terimakasih pencerahannya ��

    ReplyDelete
  21. Keren bukunya. Aku pengen baca. Pa banget ya kayaknya buat blogger dan buzzer kayak kita. Buat branding bia makin jos! :D

    ReplyDelete
  22. Bagus ya bukunya Mba..aku harus baca juga untuk tambah pengetahuan dan referensi

    ReplyDelete
  23. Selama ini orang taunya aku ibu bekerja yang juga ngeblog, punya blog parenting bocahrenyah.com :)) Padahal per bulan ini aku udah resign, nah... gimana nih ya biar personal brandingnya tetap ada meskipun status kerja sudah bukan orang kantoran ;) Perlu banget kan baca buku ini sepertinya.

    Nama : Uniek Kaswarganti
    IG : @uniekkas
    No Hp & alamat by request aja yaa... thks.

    ReplyDelete
  24. Halo Mbak. Ijin ikutan ya kuisnya.
    IG saya @ammachemist
    Alamat: Jl. Petemon Barat No. 17 Kec. Sawahan Surabaya 60253
    HP: 081252090797

    Jawabannya:
    Saya sudah sejak dulu butuh buku ini namun belum kesampaian beli. Manfaat buku ini bisa mendongkrak branding pastinya. Khususnya saya ingin menaikkan personal branding sebagai blogger yang suka fotografi. Ingin sekali membuka jasa foto produk sebagaimana yang sudah saya lakukan sesekali di IG @katalensaku.
    Andai benar-benar memahami cara personal branding yang baik, mungkin saya melalui IG tersebut bisa dikenal sebagai blogger yang jago motret dengan angle khusus.


    Sukses selalu, Mbak.

    ReplyDelete
  25. Nama : Lendy Kurnia Reny
    No Hp : 08563323596
    Akun IG : @lendymut
    Alamat : Jl Bola Basket no. 2A Arcamanik, Bandung


    Bismillah,
    Harus punya buku Personal Branding karya mba Dewi Haroen karena seperti saat kuliah dulu, personal branding yang aku ciptakan cukup simple. Aku dikenal sebagai "makhluk pink" seantero kampus.

    From top to toe.

    Jadi kalau semua mahasiswa tanya "Siapa Lendy?"
    Pokoknya anak yang pakai pink semua.

    Kalau di dunia nyata, mungkin aku bisa eksis karena penampilan. Namun tidak di dunia maya.
    Karena saat ini aku berkecimpung sebagai seorang blogger, ingin rasanya memiliki personal branding yang khas.

    Bagaimana caranya?


    **kalau lihat Novi...
    Anaknya simple, easy going dan suka baca buku.
    HIhii~
    Maaf yaa kalau salah...karena penilaianku berdasarkan tampilan blog, cara menulis dan cara melemparkan pertanyaan ke pembaca blognya.
    Humble banget...

    ReplyDelete
  26. Personal branding, memang dibutuhkan untuk memberitahu siapa kita ya mba. . Bukunya bagus jadi pengen punya

    ReplyDelete
  27. Setuju! Kalau kita nggak membangun personal branding kita sendiri maka orang lain bisa melabelkan personal branding kita dengan anggapannya sendiri ya.

    ReplyDelete
  28. Buku yang bagus nih...sangat diperlukan untuk kita-kita yang banyak berkecimpung di dunia maya. Dari pada diberi label oleh orang lain, lebih baik kita berusaha membranding diri dahulu ya ...

    ReplyDelete
  29. Bukunya recomended banget. cocok ini untuk yang sedang membangun brand.

    ReplyDelete
  30. Aku sudah pernah ikutan sebelumnya tapi gak dapat, huhuhu. Aku coba lagi boleh?

    Aku pingin banget dpt buku ini biar branding aku jelas, soalnya aku ini lulusan kesehatan yang sekarang bertugas sebagai administrasi, dulu jualan kosmetik sekarang nulis, nulis pun kadang romance kadang horror, kadang fiksi, non fiksi, kadang blogger, haha, pingin punya branding yang jelas gitu.

    Namanya: Emmy Herlina
    Alamat: Jl. Panglima polim gg bunga Perum griya annisa Blok C 8 Segalamider Kecamatan Tanjungkarang barat Bandar Lampung 35152
    HP: 085273642724
    IG: @emmy.herlina

    ReplyDelete
  31. keren banget cara menyuguhkan review buku Personal Branding; Sukses Karier Era Milenial ini kalo di tangan mbak nusaibanov ehhehe.. mantab makjleb pokoke

    ReplyDelete
  32. Buku yang saat ini dibutuhkan oleh banyak orang, karena jamannya ngebranding diri.

    ReplyDelete
  33. Ya ampun udah lama ngga baca buku. Nah, ini bagus dan saya perlu deh kayaknya. Tentang personal branding, abis baca review jadi pengen baca semuanya. Tfs.

    ReplyDelete
  34. kalo denger kata penyiar, otak saya lalu terpikir embak Nusaiba yang kece dan singgle lillah ini.. hahahahahha... iya betul branding ini penting banget di era sekarang. namun brandiung ada juga yang negatif. tetiba dicap korupsi oleh media. bagi anggota dpr atau bupati yang kena tangkap kpk kemarin...hehhe. buku ini tampaknya menarik untuk dibaca. agar branding kita terarah

    ReplyDelete
  35. Halo Mba Novi, salam kenal Namaku Tisa Liani.
    Beralamat & bertempat tinggal di Bandar Lampung (mohon maaf utk alamat lengkap aku keberatan utk mencantumkannya disini terkait dengan keamanan & privacy).

    Alasanku ingin memiliki buku ini adalah aku baru saja memulai usaha bisnis online yang mana aku masih mempelajari bisnisku secara otodidak, aku perlu mempelajari hal2 yg berkaitan dengan branding apalagi utk personal (diri dr seseorang) agar lebih mudah lagi memperkenalkan produk jualanku ke teman2 lain, baik secara langsung ataupun dunia maya.

    Aku tertarik untuk membaca & memiliki buku Karya dari Mba Haroen karena saat membaca tulisan Mba Novi di atas, ada beberapa poin yang masih ku simpan dalam hati saja & aku akan dapatkan jawabannya saat membaca buku dari Mba Dewi Haroen.

    Memang, membaca tentang Personal Branding dari artikel2 di internet sudahlah banyak, tapi aku lebih suka membaca dalam bentuk buku yg mana jelas ada sumber & dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    Aku berharap dapat memenangkan give away ini untuk meningkatkan mutu dari Personal Branding dirik yg sedang aku bangun, juga untuk mempersiapkan diriku lebih baik lagi dalam urusan karir.

    Terima kasih atas kesempatan yg Mba Novi berikan. Oh ya, aku sudah follow IG mba Novi & Mba Dewi Haroen lho. Boleh di cek di IG aku @tisautisa^^

    Terima kasih, aku tunggu kabar baiknya.

    ReplyDelete
  36. Udah banyak banget yang komen dan mau ikutan give away buku Personal Branding karya mba Dewi Haroen ini. Mantap (y)

    Tulisan Novi ciamik sekali membuat orang jadi pengen punya buku ini (tak terkecuali aku) hehe.

    memang ga sedikit kita temukan artikel tentang personal branding di internet, atau
    juga ketika ngobrol-ngobrol sering banget tercetus tentang personal branding ini. Tapi,baru beberapa hari aku stalking IG nya mba Dewi Haroen, tulisannya asik banget buat dibaca, mudah dipahami, jadi pastinya buku ini menarik banget.
    apalagi ditambah review dari Novi ini, tambah banget pingin punya~

    Kalau ditanya, kenapa aku pingin banget punya buku ini? salah satu alasan buat aku yang notabene nya sekarang adalah guru Bimbingan dan Konseling untuk punya buku ini adalah supaya aku bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar tips dan trik dalam kita membangun branding diri. Pingin banget aku tuh bisa buat branding diri yang tepat sasaran tanpa menjatuhkan orang lain.

    guru BK saat ini tuh masih banyak banget yang memandang sebelah mata bahwa guru BK sebatas guru killer, yang hobinya menghukum, atau bahkan sebagai polisi sekolah. di satu sisi, aku pingin banget meluruskan paradigma orang-orang yang belum paham dengan BK bahwa BK adalah sahabat siswa.

    Nah,, dari sini, besar harapan aku, dengan branding diri yang ingin kuciptakan (sembari belajar dari buku ini juga) bisa sekaligus menunjukkan seperti apa guru BK sesungguhnya.

    Intinya, buku ini bisa jadi modal baik buat diriku sendiri khususnya, dan juga dapat terus dikembangkan kepada teman maupun murid aku pada umumnya.

    semoga mba Dewi Haroen bisa terus menulis inspiratif untuk kalangan milenial ini. lugas banget bahasanya. dan buat mb Novinya, semoga bisa sampai menulis buku juga yaaa..

    i'm so proud both of you :)

    Nama : Sifha NI Najmah
    No. HP : 089633020192
    Akun IG : sifha.ni.najmah
    Alamat : Jl. M. Yunus, Tanjung Senang, Bandarlampung

    ReplyDelete
  37. Aku suka banget buku ini dan banyak manfaatnya setelah membaca personal branding semakin percaya diri untuk memberikan yang terbaik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nonton Bunda Cinta Dua Kodi, Film Keluarga yang Bikin Nangis Haru