Tidak Sulit Jadi Pintar, #kejarmimpi Kasih Solusinya!


Yak, flashback dulu deh ke masa kecil. Dimana persaingan ranking begitu kejam, ujian terbesar dalam hidup juga adalah PR Matematika, kadangan males juga ketemu orang banyak pasca pembagian rapor “dapat ranking berapa?” haha. Sejak kecil aku memang sebaper itu.

But, semakin tua dewasa, kita akan mengerti. Pintar itu relative, dan ada yang lebih penting dari pintar itu sendiri, yaitu berwawasan luas. Hem, dalam pergaulan terkadang aku merasa miris, kok masih ada yang gak tau ideologi Negara itu apa, pilar demokrasi apa aja, eh ada yang masih nggak tau hal paling sederhana itu. Awalnya aku pikir aku salah gaul, tapi enggak deh, nggak boleh menolak kenyataan bahwa masih ada orang sekitar kita yang KURANG BACA, jadi wawasannya gitu-gitu aja. Haaih.



Beruntungnya, pemerintah sekarang udah mulai melirik ke ranah ‘literasi’ mulai memikirkan gimana nih mental baca orang Indonesia, masih mau gitu-gitu aja saban hari baca caption dan status atau beralih membaca buku supaya wawasan jadi makin kece uye?

Yah, perpustakaan banyak diperbaiki, koleksi buku ditambah, kampanye soal literasi juga semakin massive dari pemerintah. Tapi kita ngga boleh biarkan pemerintah sendirian kan? Harus dukung dengan apa yang kita bisa. Contohnya, masih banyak daerah yang jaraknya jauh dari kota untuk mengakses fasilitas Negara, kita yang harus peka dengan bikin taman baca, perpus desa di daerah. Yang begini, biasanya kendalanya ada di pasokan buku sih #mulaisotoy.

#KejarMimpi dari CIMB Niaga


Salah satu gerakan sosial yang juga concern soal pendidikan dan literasi adalah #KejarMimpi. Memang dari namanya aja udah auto bikin kita inget “mimpi gue apa ya?” “eh gue pengen jadii..” blablabla.

Nah, Kejar mimpi ini adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga dalam  mendukung kemajuan dan kualitas masyarakat Indonesia di berbagai aspek dan setiap jenjang kehidupan. Program-programnya banyak banget, dan salah satunya yang lagi aku bahas tadi di bidang literasi yatu PROGRAM SEJUTA BUKU. Program lainnya sih banyak, cobalah mampir ke facebook Kejar Mimpi atau website nya www.kejarmimpi.id


Perwakilan CIMB Niaga memberikan donasi buku melalui Program Sejuta Buku 
(Photo & Credit: Kejar Mimpi & CIMB Niaga)

Mau Tau Lebih Lanjut Soal Program Sejuta Buku?


Program Sejuta Buku ini digagas sejak tahun 2004 dan udah berjalan ke berbagai lokasi di Indonesia. Di tahun 2018 lalu, Kejar Mimpi bersama CIMB Niaga berhasil membagikan donasi buku serta bantuan sarana pendidikan ke berbagai sekolah melalui kegiatan volunteering komunitas Kejar Mimpi. Dan ternyata program ini terbuka dari dan untuk masyarakat demi meningkatkan literasi dan pendidikan Indonesia. Menarik ya?

Dalam konteks ini, CIMB Niaga mendukung agar literasi dan wawasan masyarakat kian berkembang dan maju dengan tersedianya buku-buku bacaan di sekitar mereka. CIMB Niaga percaya bahwa tingkat literasi yang baik akan berdampak pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Kalau bagi aku, Program Sejuta Buku dari Kejar Mimpi ini oke banget sih. Dalam kampanye literasi, buku itu ibarat alat perang atau amunisi, jadi kalau kita terus ajak orang berkunjung ke taman baca, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan lain-lain tapi nggak ada buku atau buku nggak update, itu sama aja bohong ya kan? Dengan adanya Program Sejuta Buku ini, masyarakat terutama generasi penerus bangsa juga semakin bersemangat dalam mengejar mimpi-mimpinya.

Orang awam pasti lebih tertarik baca status di Facebook atau berita-berita viral yang kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan. Tapi dengan adanya Program Sejuta Buku ini mengajak kita untuk lebih melek di tengah banyaknya informasi. Pastinya, kampanye literasi itu harus berbanding lurus dengan fasilitas. Dan aku sungguh laaaikkk dengan programnya Kejar Mimpi dari CIMB Niaga dengan semangat Kejar Mimpi.    

Tertarik gabung komunitas Kejar Mimpi dan ikut kegiatannya? Buruan follow Instagram Kejar Mimpi untuk update kegiatan terbarunya mereka, di www.instagram.com/kejarmimpi.id

Sampai jumpa dengan aku disana, dari aku yang suka baca buku hehe :)







Comments

  1. iya, aku sepakat
    ada yang lebih penting dari "pintar", yaitu berwawasan luas

    ReplyDelete

Post a Comment