Menjadi Bermanfaat Bagi Orang Lain Melalui Badan Wakaf Alquran

Sebelum bernama pena ‘Novi Nusaiba’ aku pernah ingin menambahkan nama ‘Naafia’ diantara nama penaku. Tapi jadinya panjang dan sedikit weird akhirnya nama tersebut ngga aku pakai. Rencananya, nanti kalau punya anak aja deh tambahin Naafia, kalau laki-laki kan bisa Naafian. Keren juga.

Walau sebenarnya aku suka bukan untuk keren-kerenan yaa, tapi karena artinya bagus dan aku azzamkan sebagai doa.

Naafia, berasal dari kata An-Nafi  yang merupakan salah satu Asma’ul Husna atau nama-nama indah bagi Allah. Arti dari An-Nafi’ sendiri adalah Yang Maha Memberi Manfaat. Nah, jadi aku suka nama ini karena aku selalu pengen jadi orang yang bermanfaat bagi oranglain. Dengan penuh rasa tau diri kalau selama ini lebih banyak nyusahin, repotin orang-orang terdekat, jadi aku pengen balas kebaikan orang terhadapku pada orang lainnya. Karena kebaikan itu menular, yakan?

Baca juga, cerita nama panggilanku KLIK DISINI

Bicara soal kebermanfaat, erat kaitannya dengan infaq, sedekah, zakat, hibah dan wakaf. Dari kelima hal tersebut insyaAllah satu persatu dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Meski bukan orang kaya berlebih harta sih hehe, apalagi kalau Zakat kan wajib ya hukumnya, salah satu dari rukun Islam lhoo.




Kemudian ngomong-ngomong soal Wakaf, kalau aku ingat-ingat aku belum pernah berwakaf. Kayaknya karena kurang pengetahuan si, beberapa kali di pengajian sempat disinggung tapi ngerasa yang wah kalau Wakaf harus besar nih dananya, entah kenapa stigmanya selalu gitu,

PADAHAL ENGGA~

Pengertian Wakaf

Alhamdulillah, segera tercerahkan setelah dapet banyak materi dari Portal Islam gomuslim yang jabarin banget apa itu Wakaf. Jadi, hukum Wakaf memang sunnah, tapi misinya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus menerus.



Secara deskriptif, wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah. 

Badan Wakaf Alquran

Jangan khawatir, jangan sedih! Disini aku tercerahkan banget sama stigma kalau wakaf harus banyak uang. Salah satu Badan Wakaf yang ada di Indonesia ada Badan Wakaf Alquran (BWA). Dan ternyata di BWA dipermudah banget, ada paket wakafnya gitu. Misal, sedang ada program Wakaf Kapal di suatu daerah, BWA akan menggalang dana dan per-orang dipaketkan sebesar Rp.115.000,-



Begitu kira-kira setelah ini aku akan bahas beberapa programnya BWA. Supaya dalam menyalurkan wakaf, kita sebagai muslim gak perlu khawatir dan ragu-ragu lagi.

Badan Wakaf Al Qur'an adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP). BWA memiliki visi menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat dan Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim.

Sedangkan misi BWA yakni Menyalurkan Al Qur'an kedaerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, mengajarkan Al Qur'an dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf.




Project yang  tampilkan  BWA adalah untuk membantu komunitas dan individu yang membutuhkan, setiap komunitas dan individu memiliki keunikan persoalan dan solusinya. BWA hadir membantu mereka dalam project yang sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya ada desa yang membutuhkan air bersih dan hanya bisa diselesaikan dengan membuat sumur dalam, namun ada lokasi lain yang kebutuhan air bersihnya dipecahkan dengan pipanisasi dari mata air.

Nah supaya lebih jelas dan paham banget, aku jabarin delapan program unggulan BWA:

Pertama
Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan
Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an.




Kedua
Water Action for People
Adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.




Ketiga
Tebar Cahaya Indonesia Terang
Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka. Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.


Keempat
Wakaf Khusus
Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil.

Kelima
Zakat Peer To Peer
100% zakat Anda diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional BWA. Lebih Manfaat dan sesuai Syariah.




Keenam
Indonesia Belajar
Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah.

Ketujuh
Wakaf Produktif
Dalam program ini, BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan. Kemudian, BWA dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya

Terakhir
Sedekah Kemanusiaan
Sedekah Kemanusiaan Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal. Sedekah Kesehatan,  adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat.



Alhamdulillah ya, Allah hadirkan BWA. Di jaman sekarang, era digital yang serba mudah, wakaf juga sudah seharusnya memang dipermudah. Niat baik kan usianya ngga panjang, jadi kudu segera dieksekusi dengan berbagai kemudahan.

Oh ya, setelah Wakaf pun di web BWA akan dijabarkan secara rill update progress programnya. insyaAllah amanaah~

Sekian! Thanks for Reading, semoga bermanfaat guysss :)

note : semua gambar diambil dari Official Account Badan Wakaf Alquran @wakafquran


Comments

  1. Sama Mba akupun begitu dulu, mikirnya wakaf itu kesannya hal yg nilainya fantastis. Tapi setelah baca2 di web BWA, ternyata pengertian wakaf itu luas dan yang terpenting kita berbagi dengan ikhlas. Semiga BWA bisa terus bermanfaat ya untuk umat. Aamiin ya Robb.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pos-nya. Dari yang sederhana asalkan iklhas ya, Kak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog