Ayo Investasi Halal Untuk Siapkan Masa Depan


Mempersiapkan masa depan bisa dengan banyak cara. Salah satu yang sering dilakukan adalah berivestasi. Tujuan berinvestasi yakni untuk mempersiapkan finansial dimasa depan. 




Investasi bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi setiap orang. Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan atau asset dan atau project dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari.

Investasi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh investor dimana uang yang dialokasikan diharapkan bisa bertumbuh menghasilkan keuntungan berupa peningkatan nilai sepanjang waktu lewat berbagai instrumen investasi pilihan.

Meski setiap instrumen investasi yang dipilih menawarkan cara kerja, risiko, dan keuntungan yang berbeda-beda, namun fundamentalnya tetap sama, yakni mengalokasikan uang dengan harapan uang tersebut bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

Ada banyak manfaat investasi, tiga manfaat penting adalah: kesempatan untuk menambah nilai uang, manfaat signifikan dari efek compounding dan sumber penghasilan dengan nilai tinggi.  Jika uang didiamkan, jumlahnya akan tetap. Namun jika uang diinvestasikan, akan menambah peluang untuk 
berlipat. Namun Investasi lekat juga kaitannya dengan riba. 


Sebagaimana yang dipahami dan dianut dalam islam bahwa riba hukumnya adalah dilarang. Investasi konvensional biasanya menerapkan bunga yang diatur oleh sepihak, yaitu biasanya pihak perusahaan. Dalam hal ini investasi syariah atau investasi halal adalah solusi untuk menghindarkan investor dari pola riba yang diterapkan.

Sebenarnya investasi syariah tidak jauh berbeda dengan investasi yang dilakukan oleh bank konvensional, namun jenis ini memiliki landasan prinsip syariah yaitu hukum Islam, yang lebih mengutamakan transaksi tanpa riba. Investasi syariah menjamin investor terhidar dari riba. Salah satunya adalah Dana Syariah.

Dana Syariah adalah P2P besutan PT Dana Syariah Indonesia yang menawarkan pinjaman Syariah online dengan menyediakan Layanan Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah bagi Pemilik Usaha dan Perorangan, dengan tujuan mendapatkan manfaat dan Bagi Hasil yang Halal serta terhindar dari unsur Maisir, Gharar dan Riba.

Dana Syariah mewakili pemilik dana dalam melakukan kajian dan penyaringan yang komprehensif dan hati-hati terhadap proyek bisnis maupun perorangan yang akan diberikan Pembiayaan. Bentuknya pinjaman dana proyek dan kerjasama investor.

Bukan hanya penilaian dari aspek Syariahnya saja, tapi juga dari aspek perhitungan terhadap kelayakan bisnis yang bisa berpengaruh pada besaran manfaat dan bagi hasil yang akan diterima Pemberi Dana serta manfaatnya bagi Penerima Pembiayaan. Produk yang ditawarkan di platform P2P Syariah ini adalah Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah. Dana syariah memberikan jaminan halal karena prinsip syariah yang diterapkan. Dana syariah id juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.



Adanya Dana Syariah memberikan angin segar kepada umat muslim untuk memberanikan diri berinvestasi. Sebagaimana yang diketahui bahwa manfaat investasi sangat besar untuk mempersiapkan finansial dimasa depan.  

Cara berinvestasinya sangat mudah. Investasi Halal semudah Belanja Online.  Investor bisa memilih sendiri project-project yang sedang berlangsung via gadget dengan membuka aplikasi di Android maupun Ios dan atau website. Kemudian investor bisa mulai mendanai.  Mengenai resiko, Dana Syariah meminimalisir dengan cara memilih asset property bangunan yang sudah ada calon pembelinya atau bahkan pembelinya.

Comments